Jokowi terlalu muda untuk pensiun dari politik: Menteri

0

Menteri Perhubungan mengatakan bahwa partai-partai politik sedang menunggu antrean untuk menerima Presiden, di tengah spekulasi yang sedang berlangsung mengenai masa depan politik Jokowi yang tidak menentu setelah masa jabatan terakhirnya berakhir pada bulan Oktober.

Jokowi terlalu muda untuk pensiun dari politik: Menteri Presiden Joko “Jokowi” Widodo berbicara kepada ‘The Jakarta Post’ pada 2 November saat wawancara di Istana Negara di Jakarta.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mempunyai hak untuk memilih arah barunya setelah berpisah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pada hari Minggu, sambil mencatat bahwa masih terlalu dini untuk memutuskan hal tersebut. Presiden mempertimbangkan untuk pensiun.

“Pak [Bapak] Jokowi masih terlalu muda untuk pensiun [dari politik]. Pengalamannya dapat menginspirasi dan memberikan panduan bagi kemajuan berkelanjutan di negara ini,” kata Budi, yang juga mengepalai Projo, kelompok pendukung Jokowi terbesar, merujuk pada kepemimpinan Jokowi selama hampir 10 tahun.

Menteri juga mengatakan bahwa pria berusia 62 tahun itu telah “memenangkan hati masyarakat”, dan bahwa partai-partai politik sedang mengantri untuk mendapatkan dukungan dari Jokowi.

Masa depan Presiden masih belum pasti. Karena ia bukan anggota partai politik mana pun, setelah masa jabatan kedua dan terakhirnya berakhir pada bulan Oktober, hal ini berarti ia kembali menjadi warga negara biasa.

Spekulasi tersebar luas bahwa ia masih menginginkan kursi dalam kepemimpinan pemerintahan mendatang, Prabowo Subianto.

Jokowi telah menyatakan dukungannya terhadap usulan presiden terpilih untuk membentuk “klub kepresidenan” yang terdiri dari para mantan presiden untuk memberikan nasihat kepada pemerintahan berikutnya, dan menyebutnya sebagai “ide bagus” dan menyarankan agar klub tersebut bertemu “setiap dua hari sekali”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *